Wednesday, October 2, 2019

Putus Rante

Saat mengantar teman dari TOTAL Kalimantan menjelajahi jalur sepeda di Gunung Kamojang, Garut. Saya harus kecewa karena rantai sepeda saya putus, tanpa pemberitahuan dari si rantai terlebih dahulu.

Lalu seorang teman, yang berperan sebagai mekanik amatiran yang pastinya tidak memiliki sertifikat ISO 9000 mencoba menyambungnya. Setelah berkutat dengan alat penyambung ranté. Rante, yang putus bukannya kembali tersambung. Malah makin tidak tersambung, karena terus menerus dipotong😂

Saya tidak berdaya sama sekali, saat teman itu dengan ringannya memberikan keputusan. "Karena terlalu banyak yang dipotong, rantainya sudah terlalu pendek. Jadi silakan aja, balik kanan via jalan raya. Biarkanlah, ngawal offroad tamu mah sama saya sendirian!"
"BEUH???!!!" Teriak saya, tak berdaya dengan nada putus asa dan kecewa. Tapi, mau bagaimana lagi. Ya, sudah saya pamitan sama teman-teman dari Kalimantan dan mohon maaf tidak bisa mengantar. Jadi tanggung jawab diserahkan sama mekanik ISO bukan 9000!!!😋
Dan....meluncurlah sepeda saya dari ketinggian 1730 MDPL menuju 700 MDPL, kota Garut sejauh 25 km! TANPA RANTE!!! Untunglah karena jalan, hampir 90 persen adalah turunan. Dan lebih beruntung lagi, pada hari itu berbarengan dengan karnaval 17 Agustus, sehingga pada saat ada tanjakan di daerah kampung Melayu, Samarang. Saya, seperti ikut karnaval 17 Agustusan karena ikut menuntun sepeda! 😂😂😂🤣🤣

Putus Ranté yang dialami, hanya sekali terjadi setelah hampir 8 tahun lebih menggunakan sepeda tersebut. Awet ya? Iyalah...jadi putus rantai itu gak akan sering terjadi kalau kita mau merawat dan mengeceknya setiap ada kesempatan. Lagipula, pesepeda pasti tahu, kapan rantainya harus diganti atau cukup dikasih pelumas saja. Kalau ada pesepeda, yang sering putus rantai. Berarti pesepeda tersebut jarak kayuhan pedalnya bisa puluhan kilometer atau ratusan kilometer setiap harinya.

Ada yang menyarankan agar rantai tidak putus di tengah perjalanan sehingga menyulitkan kita. Sebaiknya rantai diganti kalau sudah mencapai masa pakai 500-700 km. Ada juga yang mengatakan kalau sudah mencapai 1500 - 4000 km. Saya sendiri lebih memilih mengganti rantai, saat melihat rantai sudah renggang jarak antar mata rantainya. Kalo masih bisa dipakai mah hajar aja sampai putus😂

No comments:

Post a Comment