Wednesday, October 2, 2019

Asal Mula Kampung Sarkanjut

Ada yang ngirim inbox, apa benar ada nama kampung Sarkanjut? Benar, kampung itu terletak di Desa Dungusiku, Banyuresmi, Garut.
Asal Mula nama itu, banyak versinya. Silakan googling sendiri.

Namun versi yang masuk akal begini. Zaman dahulu, saat negeri ini dijajah Inggris. Tentara penjajah dari Eropa terutama dari Inggris tiba juga di Garut. Saat tiba di sebuah danau, yang letaknya kurang lebih 2 km dari Situ Cangkuang atau 5 km dari Situ Bagendit. Mereka beristirahat, dan membuka perkemahan di pinggir danau tersebut.

Saat mereka bersenda gurau meredakan lelah sambil makan siang. Tiba-tiba, ditengah danau yang waktu itu masih sangat jernih Dan lebat hutannya. Terlihat, seekor makhluk yang aneh. Berenang di danau, dan sesekali menampakkan sebagian tubuhnya. "That is a shark!" Teriak Salah seorang dari mereka berteriak kaget. Mereka melihat ke arah makhluk aneh tersebut.
"No, that is not a shark! That is a newt (kadal air)!" Teriak temannya. Ramailah mereka saling membantah dan bertengkar.
"A shark!" Bentak yang satu.
"No, a newt!" Bantah yang lain.
"A shark!"
"A newt!"
"A shark!"
"A newt!"
.........

Tak henti mereka berdebat. Penduduk asli yang melihat mereka menunjuk ke danau itu dan mendengar kata "a shark" dan "a newt" itu  lalu menyimpulkan kalau danau itu bernama "e sark e nyut". Lalu terucapkan jadi "Sarkanyut!"

Demikianlah sampai sekarang, danau dan tempat itu dinamai "Sarkanyut". Semoga, cerita ini jadi Bahan pertimbangan pemindahan Ibukota Jawa Barat ke Sarkanyut.

TAMAT!

3 comments:

  1. Gua orang sarkanjut ngakak woyy denger cerita ini 😂🤣🤣

    ReplyDelete
  2. Maksa banget ceritanya, jauh banget sama yang aslinya 😂

    ReplyDelete