Wednesday, October 2, 2019

Mithoma ia

Pathological lying (also called pseudologia fantastica and mythomania) is a behavior of habitual or compulsive lying. Pathological lying is also known a compulsive lying.

Mythomania adalah penyakit kejiwaan, yaitu kecenderungan berbohong yang dimaksudkan bukan untuk menipu/mengelabui orang lain, tetapi justru untuk membantu dirinya sendiri mempercayai/meyakini kebohongannya sendiri.

Seorang mythomania, berbeda dengan pembohong biasa yang sadar, berbohong.  Seorang mythomaniac tidak menyadari bahwa ia berbohong. Tidak mampu membedakan imaginasi dan kenyataan yang sebenarnya. 

Kebohongan-kebohongan yang dilakukan seorang mythomania dilakukan 'di luar' kesadaran.  Dia tidak sadar orang lain akan terganggu dengan kebohongannya. Bagi dia yang terpentin adalah mendapat pengakuan oleh orang-orang di sekitarnya.

Ciri-ciri pembohong mythomaniac :
1. Selalu merasa dirinya lebih baik dari siapapun
2. Dia  tidak menghargai kejujuran, bahkan sama sekali tidak juga menghargai kepercayaan
3. Sangat percaya apa yang dikatakannya benar padahal jelas tidak benar buat orang lain.
4.Berbohong untuk mendapat simpati dan terlihat baik
5. Pintar memanipulasi suatu keadaan, dengan cara yang menurutnya lucu, tanpa menghiraukan perasaan orang yang dibohonginya.
6. Dia tidak pernah mengakui kebohongan yang dilakukannya, karena apa yang dilakukan dalam benaknya adalah satu kebenaran.
7. Berupaya untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya, dengan melakukan suatu perbuatan yang seolah-olah adalah satu kebenaran. Padahal sesuatu yang sudah dia rekayasa dengan berbagai cara.

Sumber :

No comments:

Post a Comment